PENGERTIAN EVENT
MANAGEMENT
Menurut Goldblatt (Event Management, 2013):
“Event Manajemen adalah kegiatan
professional mengumpulkan dan mempertemukan sekelompok orang untuk tujuan
perayaan, pendidikan, pemasaran, dan reuni, serta bertanggung jawab mengadakan
penelitian, membuat desain kegiatan, melakukan perencanaan dan melaksanakan
koordinasi serta pengawasan untuk merealisasikan kehadiran sebuah kegiatan.”
Dengan demikian Event Management
dapat didefinisikan sebagai pengorganisasian sebuah kegiatan yang dikelola
secara profesional, systematis efisien, dan efektif.
Kegiatannya meliputi konsep (perencanaan)
sampai dengan pelaksanaan hingga pengawasan.
Dalam event management, semua orang harus
bekerja keras dengan visi yang sama untuk menghasilkan kegiatan yang sesuai
dengan harapan.
Banyak
istilah penyebutan event management, antara lain :
a) Event Organizer (EO)
b) Production House (PH) atau
Rumah produksi
c) Communication
d) Agency / biro jasa
e) Panitia Pelaksana
f) Organizing Committee
g) Dan lain sebagainya.
•
Event Organizer terdiri dari dua kata dalam bahasa Inggris, yaitu event
dan organizer.
•
Dalam bahasa Indonesia, event berarti acara sedangkan organizer berarti
pengatur.
•
Jadi secara harfiah Event Organizer diartikan sebagai Pihak yang
mengatur sebuah acara.
•
Atau dapat dikatakan Event Organizer adalah :
“Usaha di bidang jasa yang
secara resmi ditunjuk oleh klien untuk mengorganisasi rangkaian acara,
mulai dari sisi kreatif, persiapan, pelaksanaan hingga selesai, dalam rangka
membantu klien menyukseskan dan mewujudkan tujuan yang diharapkannya melalui
rangkaian acara”.
PENGERTIAN EVENT ORGANIZER
EO lahir dari keinginan para pihak yang memiliki
sejumlah dana. Mereka memiliki beberapa tujuan yang diharapkan dapat
dicapai dengan mengadakan rangkaian acara dan tentu saja sebagai penyandang
dana mereka tidak mau repot-repot untuk mengatur acara itu. Mereka cukup
memberikan briefing singkat mengenai mengenai maksud dan tujuan mengadakan
acara, sementara bentuk kreatif acara dan eksekusi diserahkan pada EO
PERAN EVENT ORGANIZER
•
Dalam kegiatan sebuah event, EO mempunyai
peranan yang sangat penting. Yaitu membantu mewujudkan
tujuan yang diharapkan pemilik dana (biasa disebut sebagai klien).
•
EO melalui rangkaian acara, mulai dari proses penciptaan konsep,
persiapan tempat, perizinan, perlengkapan pendukung, artist & talent,
dokumentasi, hingga jalannya acara dan jika diperlukan sampai pada publikasi
acara di media massa.
ELEMEN-ELEMEN EVENT
1. Why
Berkaitan dengan tujuan
yang akan dicapai dalam acara ini, khususnya dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan
khalayak.
2. Who 2
Berkaitan dengan setiap personal
yang akan terlibat dalam kegiatan
ini, juga berhubungan dengan target sasaran, kelompok usia, jenis kelamin, pendidikan dan gaya hidup.
3. Where
Berkaitan dengan tempat penyelenggaraan acara yang paling tepat untuk khalayak sasaran,
hal ini memiliki pengaruh pada atmosfir suasana pertunjukkan yang akan digelar
untuk mempengaruhi emosi penonton.
4. When
Berkaitan dengan waktu yang paling tepat untuk penyelengaraan acara dan juga mempertimbangkan
adanya fleksibilitas atau kelonggaran yang dihubungkan dengan waktu untuk
penelitian dan persiapan.
5. What
Berkaitan dengan bagaimana mengemas event ini agar menarik bagi khalayak sasaran, terdiri dari nama atau jenis
acara, isi program dan elemen yang dibutuhkan
POSISI EO
POSISI EO DI
ANTARA 5 P
Dalam
sebuah kegiatan event tentunya terdapat keterlibatan beberapa pihak yang
terdiri dari 5 P. Dari ke-5 unsur P ini akan terlihat posisi sesungguhnya dari
event organizer. Ke-5 P itu adalah :
1. 1. Penyandang Dana
Merupakan pihak yang mengeluarkan dana
untuk pelaksanaan suatu program.
2. 2. Pelaksana
Di
sinilah posisi dan peran EO yang sesungguhnya. Pelaksana harus bekerja
keras untuk mewujudkan impian dan kepuasan semua pihak (menjadi pusat dari
seluruh pihak yangada) sehingga pelaksana memiliki posisi yang sangat vital dan
strategis.
- Penampil
Merupakan
salah satu kunci daya tarik suatu program. Semua jenis program sangat
tergantung pada para penampilnya. Pengisi acara kunci bias berupa Guest
Star, MC, dan sebagainya yang sudah banyak dikenal.
- Penonton
Baik
membayar atau gratis, pesta kecil di rumah sampai tingkat lomba F1, faktor penonton
adalah salah satu tolak ukur kesuksesan event.
- Pengamat
Pengamat
bisa berasal dari kalangan pers di mana pengamat memiliki pengaruh sebagai
humas atau PR secara tidak langsung.
Jenis-Jenis event berdasarkan jenis ukuran
dan besarnya
Berdasarkan
jenis ukuran besarnya sebuah acara, event dibedakan menjadi 3, yaitu:
1. Mega Event, adalah event yang sangat besar, memberikan dampak ekonomi yang besar
pada masyarakat sekitar atau bahkan pada negara penyelenggara
dan diinformasikan serta
diliput melalui tayangan berbagai media. Biasanya event ini terselenggara
setelah dilakukan Bidding (kompetisi antara beberapa organizer untuk menjadi
penyelenggara). Contoh : Piala
Dunia
- Hallmark
Event, identik
dengan karakter atau etos dari suatu wilayah, kota atau daerah di suatu
tempat. Bersifat regional di suatu daerah tertentu.
Contoh : Rio Karnaval, yang dikenal sebagai ekspresi dari Amerika Latin,
yang memberikan energi pada kota Rio de Jeneiro.
- Major
Event, merupakan
event yang secara ukuran mampu menarik media untuk meliput, menarik
sejumlah pengunjung yang besar dalam kurun waktu periode
tertentu untuk menghadiri event tersebut dan
memberikan dampak peningkatan ekonomi secara signifikan. Contoh : PRJ (Pekan Raya
Jakarta).
Jenis-Jenis event berdasarkan jenis penyelenggaraannya:
1. Olahraga
-
Pertandingan profesional
-
Kompetisi Peringkat
-
Pertandingan persahabatan / eksibisi
-
Lomba-lomba
2. Seni
-
Pementasan / pergelaran profit oriented
-
Pementasan / pergelaran program acara
-
Non profit
-
Institusional / privat
-
Lomba / festival
-
Pentas eksebisi / apresiasi
3.
Topik Wicara
-
Diskusi -
Talk Show
-
Seminar -
Variety Show
-
Sarasehan - Presentasi
-
Dialog
4.
Pameran
-
Pameran komoditas perdagangan
-
Pameran Seni
5.
Pribadi
-
Pesta pernikahan - syukuran
-
Pesta Ulang tahun - Pesta
peringatan pribadi
KAITAN HUMAS DENGAN EVENT
Menyelenggarakan
acara atau kegiatan khusus (special event) dalam humas merupakan salah
satu kiat untuk menarik perhatian media pers dan umum terhadap perusahaan
atau produk tertentu yang akan ditampilkan dalam acara tersebut.
Di
sisi lain, kegiatan special event dari humas atau PR tersebut diharapkan
mampu memuaskan pihak-pihak lain yang terlibat atau terkait untuk berperan
serta dalam suatu kesempatan pada acara khusus humas, baik untuk meningkatkan
pengetahuan (knowledge), pengenalan (awareness), maupun upaya
pemenuhan selera (pleasure) dan menarik simpati atau empati sehingga
mampu menumbuhkan saling pengertian bagi kedua belah pihak
FUNGSI EVENT
Arti penting event bagi
perusahaan adalah sebagai suatu media
efektif dalam membangun good will publik kepada perusahaan, yaitu :
- Loyalitas konsumen
: event untuk konsumen
- Membangun kebanggan dan
motivasi kerja : event untuk
karyawan
Membangun dukungan komunitas / masyarakat luas
Perencanaan Event
KEGIATAN PERENCANAAN EVENT
Mengapa
perlu diadakannya perencanaan event?
Karena
perencanaan merupakan salah satu bagian sangat penting
dari sebuah event manajemen.
Hal
ini dilakukan karena kegiatan perencanaan event berfungsi agar kegiatan konferensi dan event dapat terarah bagi pencapaian
tujuan, yang terlaksana secara efektif dan efisien.
Berdasarkan pengalaman di
lapangan, ada beberapa keluhan yang selalu terdengar menyangkut pelaksanaan
konferensi dan event, yaitu :
- Potensi minimnya jumlah
peserta
- Sulit untuk mengubah
kondisi antara surplus dan rugi.
- Kurangnya perencanaan
anggaran
- Minimnya interaksi sesama
anggota panitia pelaksana
- Publikasi yang terbatas
- Jika konferensi dan
event ini melibatkan perusahaan
profesional planner/organizer, maka, seringkali muncul keraguan mengenai wilayah kerja planner/organizer yang disebabkan kekurangpahaman mengenai fungsi
sebuah planner/organizer.
Berdasarkan
penjelasan di atas maka, perencanaan dalam manajemen
konferensi dan event minimal menyangkut berbagai bidang berikut:
- Seleksi tempat 9. Reservasi Hotel
- Layanan manajemen secara
umum 10.
Pelayanan Perjalanan
- Administrasi keuangan
- Manajemen makalah
- Registrasi
- Promosi
- Publikasi
- Manajemen program
pameran
S.W.O.T
Dalam melakukan sebuah
perencanaan event, yang pertama harus dilakukan adalah memperhatikan kekuatan (strenght)
dan Kelemahan (Weakness) sebelum
event tersebut dilakasanakan.
Apabila kelemahan-kelemahan
itu lebih banyak daripada kekuatan-kekuatannya
maka harus dipertimbangkan dengan seksama apakah harus menunda atau
tidak dilaksanakan event tersebut
•
Sementara peluang (opportunities) dan ancaman (threats)
terhadap event biasanya baru muncul pada saat atau sesudah event berlangsung..
Peluang adalah segala faktor yang membawa manfaat atau memberikan keuntungan
bagi event tanpa ada upaya tambahan atau
investasi oleh penyelenggara.
•
Ancaman adalah segala faktor yang menghambat penyelenggaraan untuk
mengembangkan potensi secara maksimal.
CONTOH S.W.O.T
Strenght :
a) Unik dan belum pernah dilakukan sebelumnya
b) Menghadirkan bintang tamu dan selebritas yang andal dan terkenal.
c) Strategis untuk memengaruhi khalayak
d) Dikemas dengan teknik modern yang kreatif dan
inovatif.
e) Adanya publikasi sebelum, selama dan setelah acara.
Weaknes :
a) SDM tidak tersedia sehingga harus mencari pihak luar
b) Tidak mampu menjangkau khalayak tertentu.
c) Memerlukan biaya yang besar
d) Kurang diminati media massa
Opportunity :
a) Dukungan dari pihak Sponsor
b) Dukungan dari pemerintah,
lembaga non profit atau perusahaan swasta
c) Dukungan dari pihak media
massa
d) Dukungan yang luar biasa dari
khalayak.
Threat :
a) Tawuran antar penonton
b) Gangguan teknis
c) Batalnya bintang tamu.
TOR & Preliminary Proposal
•
Pra-Proposal/Prelimenary Proposal merupakan proposal yang belum tuntas
dikemas penampilannya. Penggunaannya tidak hanya untuk keperluan internal
tetapi juga sudah dapat diajukan sebagai proposal tahap awal kepada pihak-pihak
tertentu, tetapi belum dapt ditampilkan sebagai penawaran resmi ataupun untuk
dijadikan Sales Kit.
•
Sebuah Pra-proposal sudah dapat memberikan gambaran cash flow
perusahaan dalam satu tahun mendatang, apabila semua event yang direncanakan
sudah disusun dalam format Pra-proposal.
•
Pra-Proposal juga dapat dijadikan sebagai penyusunan sales kit maupun
informasi yang akan disebarluaskan untuk keperluan Public Relations di media
Massa.
PEMBIAYAAN EVENT
Pedoman Pengelolaan keuangan event
Apapun jenis event yang akan diadakan dan seberapapun besarnya, sangat
diperlukan sebuah perencanaan dalam mengelola keuangan event.
Faktor penting yang harus
diperhatikan di bidang anggaran adalah :
Penyusunan anggaran harus realistis dan dalam
proses menuju pada pelaksanaan memiliki kecenderungan terjadinya kenaikan biaya
anggaran dan memungkinkan terjadinya biaya tidak terduga.
•
Dalam penyusunan anggaran
dibutuhkan sebuah kontrol ketat yaitu : Menahan laju kenaikan biaya anggaran
dan biaya tidak terduga, sekaligus mengontrol anggaran yang memiliki peluang
untuk diturunkan atau efisiensi sehingga tercipta balance anggaran yang
terkontrol.
•
Sehingga dalam penyusunan
anggaran dibutuhkan Plan A diikuti Plan B, Plan C dan Plan D untuk
mengantisipasi melonjaknya biaya yang telah tersusun.
Pembagian Pembiayaan Event
Berdasarkan urutan waktu pengeluaran biaya dalam sebuah event
terbagi atas :
- Cost Before Event
Biaya yang dikeluarkan sebelum event dimulai misal : Uang
Muka biaya sewa ruang, Biaya Promosi, Biaya Pemasaran, dsb
- Cost During Event
Biaya yang dikeluarkan pada
saat berlangsung pameran. Seperti, konsumsi, transportasi, akomodasi, honor
pengisi acara, dsb.
- Cost After Event
Biaya yang dikeluarkan sesudah event berlangsung umumnya
untuk pelunasan, namun juga biaya-biaya yang harus dikeluarkan, seperti : biaya
pemberitaan media, penambahan fasilitas dsb.
Seni Mengontrol Anggaran
- Mengatur
“termin” pembayaran, harus disesuaikan dengan kondisi keuangan yang ada.
tidak boleh melakukan melakukan pembayaran tanpa perhitungan.
- Down
Payment atau uang muka adalah faktor penting dan bagian strategi mengatur
keuangan. Sedangkan pelunasan harus mengacu pada jadwal pemasukan uang
dari sponsor, penghitungan tiket dan sumber-sumber lainnya.
Beberapa hal yang dapat diatur dengan variasi “termin”
pembayaran, antara lain :
1. Pembayaran pada tahap awal (pertama)
a. Perizinan
b. Uang Muka sewa tempat
c. Uang Muka penampil
d. Uang Muka perlengkapan panggung, dekorasi,
tenda, dan sebagainya
e. Uang Muka Soundsystem
f.
Biaya Komunikasi & Transportasi
2.
Pembayaran lunas sebelum
pelaksanaan acara :
a. Honor penampil
b. Konsumsi
c. Honor Keamanan
d. Biaya Publikasi
pers
e. Biaya pajak
Tontonan
3.
Pembayaran lunas setelah
selesai acara maksimal 3 hari :
a. Honor petugas operasional
b. Honor LO (Liasion Officer) VO (Volunteerr
Officer)
c. Biaya
dokumentasi
4.
Pembayaran lunas :
a. Akomodasi Hotel
b. Biaya Sewa
Kendaraan
Membuat Proposal Event
Penyusunan Proposal
Menyusun sebuah proposal adalah hasil kajian
metodologi.
menulis proposal yang benar dan baik, dipadukan dengan hasil seni imajinasi.
Agar dapat menyediakan informasi yang memadai
sesuai kebutuhan calon sponsor, sebuah proposal harus mengandung hal-hal
berikut :
1.
Gambaran umum
memberi gambaran mengenai organisasi Anda
dan manfaat yang dapat Anda tawarkan kepada sponsor.
2.
Rincian Event / Properti
Lembar informasi yang berisi daftar tanggal, jam,
lokasi, proyeksi jumlah dan profil pengunjung, harga tiket, jumlah keanggotaan
dan sebagainya – semuanya berkaitan dengan data keras / jumlah (kuantitatif).
Informasi yang disediakan di sini bervariasi, tergantung pada jenis acara yang
diselenggarakan
3.
Rencana Pemasaran
Rencana pemasaran yang telah Anda susun dicantumkan di bagian
ini. Rencana tersebut menjelaskan bagaimana Anda akan memasarkan event
Anda, nilai dari semua komponen pemasaran, media yang akan Anda gunakan, dan
rencana publikasi.
4.
Riset Pasar
Untuk mendapatkan sponsor, Anda harus memiliki informasi
menyeluruh mengenai pasar sasaran Anda, paling tidak
profilnya - siapa mereka, tingkat pendidikan mereka, di mana mereka tinggal,
dan sebagainya. Tentu ini diperoleh dari riset
5.
Pendorong
Agar sponsor yakin atas manfaat yang Anda tawarkan, tampilkan
bukti manfaat yang telah diperoleh oleh sponsor pada acara yang telah Anda
selenggarakan sebelumnya.
6.
Paket Manfaat
Tampilkan beberapa manfaat yang ada dalam daftar inventaris manfaat kepada calon sponsor Anda. Gunakan tanda bullet
untuk masing-masing manfaat. Untuk mempermudah pemahaman calon sponsor, Anda
juga dapat mengelompokkan manfaat tersebut ke dalam kategori yang telah
ditetapkan dalam daftar inventaris manfaat
7.
Investasi
Dalam bagian ini Anda harus merinci semua bentuk
investasi yang dapat dikontribusikan oleh sponsor. Investasi tersebut dapat
berbentuk :
a.
Uang tunai
b.
jasa atau barang
c.
dukungan
promosi yang secara langsung menguntungkan organisasi Anda
Dalam bagian ini masukkan batas tanggal pelunasan pembayaran
berikut insentif yang Anda tawarkan
Tujuan Utama Pembuatan
Proposal
Adapun tujuan utama dari pembuatan proposal
event adalah untuk menjelaskan konsep
dan ide dasar dari event yang akan dibuat secara mendetail sebagai upaya untuk
meyakinkan calon klien bahwa konsep itu ditawarkan dengan banyak kelebihan
sehingga calon klien diharapkan memilih konsep anda.
Proposal Ringkas
Proposal ringkas merupakan proposal yang terdiri
dari 2-3 halaman yang berisi ikhtisar acara, audiens sasaran, pemasaran,
strategi promosi, dan manfaat utama yang ditawarkan. Cara ini merupakan
cara yang efektif untuk mengundang minat calon sponsor. Jangan lupa cantumkan
nomor kontak Anda agar mudah dihubungan oleh calon sponsor.
Sebagai pedoman, jumlah halaman sebuah proposal
minimal 4 – 5 halaman sedangkan maksimalnya 12 halaman, lebih dari itu,
proposal Anda tidak akan disentuh oleh calon sponsor. Selain itu, proposal harus mudah dan cepat
dibaca.
Menetapkan Harga
Menetapkan harga merupakan bagian paling sulit
sekaligus paling vital. Pertama dan terpenting, biaya total harus sedikit
lebih mahal daripada bila sponsor menjalankan acaranya sendiri.
Proposal Anda harus dapat membuktikan bahwa
sponsor akan lebih untung berinvestasi pada sponsorship dari pada kalau
beriklan. Nilai keuntungan lebih tersebut kira-kira 150% sampai 200%.
Karena ada kecenderungan perusahaan akan tetap bertahan pada zona nyaman dengan
beriklan.
Satu hal yang amat penting adalah jangan
beberkan rencana biaya pengeluaran Anda, karena akan merusak citra dan
mengindikasikan Anda lebih mementingkan kebutuhan Anda sendiri daripada harga
diri organisasi.
Menghitung harga sponsor
Selisih antara biaya penyediaan manfaat dengan
harga sponsorship adalah keuntungan (atau kerugian) Anda.
Biaya untuk penyediaan manfaat yang ditawarkan
+
Biaya staf dan administrasi
+
Biaya penjualan
+
Biaya pelayanan
=
Biaya total
Contoh Pembuatan Proposal Event
Pada Proses pembuatan proposal diawali dengan :
1. Briefing Klien
• Misal : Calon klien adalah perusahaan internasional, produsen alat-alat kesehatan kelas dunia yang
memiliki cabang dibanyak negara termasuk Indonesia.
• Salah satu produknya adalah alat pelangsing dan penghilang lemak di
perut.
• Pada awal peluncuran untuk pertama kalinya produk ini menjadi
bestseller di antara produk-produk lain diperusahaan itu. Tetapi saat ini
penjualannya mengalami stagnasi dan bertahan di level tertentu.
• Jadi perusahaan ingin mengadakan acara agar alat itu kembali menjadi
bestseller dan penjualannya meningkat.
2. Brainstorming (curah gagasan) antar anggota tim.
• Tim inti berdiskusi setelah sebelumnya dibahas mengenai briefing calon
klien, pengayaan materi produk, pasar sasaran produk mulai dari level ekonomi,
kebiasaan dan gaya hidup hingga proses uji produk.
3. Proposal
• Tidak ada aturan baku bahwa isi proposal event harus seperti yang
dicontohkan tetapi rata-rata memiliki pola yang sama.
Contoh Pembuatan Proposal Event
Isi proposal biasanya terdiri dari :
a. Latar Belakang
b. Tujuan
c. Sekilas pasar sasaran
d. Tema Acara
e. Implementasi tema acara
f. Mekanisme rangkaian acara
g. Pendukung Acara/ Talent
h. Set Panggung, dan sebagainya.
Sponsorship
Kegiatan Event Organizer
Melihat dari sumber
pendanaan, kegiatan EO dapat dibagi 2 yaitu :
1. Job Order
EO mendapatkan penugasan untuk menyiapkan sebuah acara dan biasanya pendanaannya tidak menjadi masalah karena si
pemberi tugas sudah menyiapkannya.
2. Make Job
Perusahaan EO yang
menciptakan kreativitas atau inovasi sendiri, sehingga mereka harus menyiapkan
pendanaan awal. Disinilah sponsorship sangat diperlukan.
Peran sponsor adalah sebagai sumber dana dan mitra dalam
kegiatan EO dan biasanya ada hubungan saling menguntungkan antara Sponsor
dengan EO.
Sponsorship
M. Linggar
Anggoro mendefinisikan sponsor adalah penyediaan dukungan finansial untuk
suatu acara, subjek, kegiatan, lembaga, atau individu yang dianggap memang
pantas menerimanya.
Sponsorship
adalah menciptakan kerja sama saling menguntungkan antara organisasi dengan
perusahaan sponsor.
Apabila
sponsorship dipilih berdasarkan manfaat dari besarnya eksposur atau kemewahan
acara, para sponsor selalu dapat memilih acara (event) lain yang
diselenggarakan oleh pesaing Anda.
Karena itu
penyelenggara event tidak dapat
mengandalkan pendapatan dari sponsor. Model baru dari sponsorship didasarkan
pada kemitraan. Sponsorship yang didasarkan kemitraan mampu memberikan beragam
jenis hasil yang menyebabkan sponsor manapun sulit untuk meninggalkan kerja
sama kemitraan ini.
Pendekatan
untuk pengembangan sebuah program sponsorship yang bersahabat dengan organisasi
:
Ø
menjaga
komunikasi dengan para staf dan atasan
Ø
mendidik
semua pihak yang berkepentingan dalam organisasi
Ø
menyediakan laporan perkembangan, laporan
studi kasus, dan lain-lain untuk staf
membentuk tim sponsorship
Paket Sponsorship
•
Dalam pengertian yang luas, sponsor dapat di bagi menjadi :
1. Sponsor Substitusi, yaitu
pertukaran tanpa adanya aliran dana masuk ke panitia, misal Media partner.
2. Sponsor dana langsung,
yaitu sponsor yang terikat kontrak dengan pihak penyelenggara konferensi
dan event dengan menyerahkan dana sponsor
dengan kompensasi-kompensasi yang
diatur dalam sponsoship.
3. Sponsor Kerjasama
•
Penyusunan paket sponsor menjadi bagian dari strategi
pemasaran sponsorship yang memiliki peran sangat penting.
•
Sebuah paket yang baik adalah mempertimbangkan keseimbangan
antara produk dan satuan harga yang ditetapkan untuk masing-masing produk atau
paket yang ditawarkan.
Paket sponsor konfrensi dan
event scientific biasanya dapat dibagi ke dalam dua kategori sponsorship,
berdasarkan besar, kecilnya dana sponsor yang harus disediakan pihak sponsor
dan jenis paket program yang di jual kepada sponsor.
1. Sponsor berdasarkan levelnya :
Sponsor emas, sponsor perak, sponsor perunggu.
2. Sponsor additional: yang
ditawarkan adalah jenis sesi atau program dalam konferensi dan event tersebut.
Strategi Mendapatkan Sponsor
Salah satu konsep
diselenggarakannya event adalah dapat menarik sponsor untuk membiayai event,
maka ada beberapa hal yang harus diingat bahwa sponsor yang potensial harus
mendapatkan keuntungan dari event yang diselenggarakan, diantaranya adalah :
1.
Event yang diselenggarakan dan sponsor harus sama-sama
memiliki pangsa pasar yang sama
2.
Adanya media yang akan mengekspos event yang diselenggarakan
3.
Keuntungan publisitas dan Public Relations apa yang akan
didapat oleh sponsor
4.
Keuntungan langsung apa yang akan di dapat oleh sponsor di
samping pemberitaan melalui media, misal : mendapatkan tempat khusus dalam
jamuan makan malam, gratis tiket masuk bagi sponsor.
Hal ini menunjukkan bahwa
tanpa dapat mengungkapkan keuntungan apa saja yang akan di dapat oleh
perusahaan menjadi sponsor event, maka akan sulit mendapatkan sponsor tersebut.
Pemberi sponsor tidak hanya
melihat keuntungan langsung saja tetapi juga event yang di selenggarakan harus
mampu meningkatkan citra yang akan di bangun event terhadap organisasi pemberi
sponsor.
Komposisi Sponsor Media
- Melakukan kerjasama promosi dengan media, baik
cetak/koran, radio, majalah maupun televisi.
- Sebelum melakukan kerjasama barter publikasi,
diperlukan pengetahuan tentang spesifikasi produk dan tarif space/ruang
iklan/spot iklan dari masing-masing media.
- Untuk Koran/surat kabar istilah satuan ruang
iklan di surat kabar adalah MILIMETERKOLOM atau mmk.
- Dihitung dari baris kiri ke kanan disebut kolom
dikalikan dengan panjang pendek dari atas ke bawah disebut milimeter,
ukuran iklan misalnya 2 kolom x 100 mm (10 cm) = 200 mmk.
- Semua surat kabar menerapkan sistem perhitungan
ini, yang membedakan adalah jumlah maksimal kolomnya (panjang dalam
sentimeter) sesuai dengan ukuran luas korannya harga tarif iklan.
- Untuk Koran/surat kabar istilah satuan ruang
iklan di surat kabar adalah MILIMETERKOLOM atau mmk.
- Dihitung dari baris kiri ke kanan disebut kolom
dikalikan dengan panjang pendek dari atas ke bawah disebut milimeter,
ukuran iklan misalnya 2 kolom x 100 mm (10 cm) = 200 mmk.
- Semua surat kabar menerapkan sistem perhitungan
ini, yang membedakan adalah jumlah maksimal kolomnya (panjang dalam
sentimeter) sesuai dengan ukuran luas korannya harga tarif iklan.
- Untuk Radio dan TV menerapkan sistem tarif spot
iklan untuk durasi 30 detik dan 60 detik.
- Untuk radio ada istilah ad lips yaitu announce
oleh penyiar langsung. Sedangkan untuk TV masih ada variasi lain misalnya
insert, bumper in, bumper out, running text tapi yang biasanya untuk
barter adalah spot TVC (commercial) 30 second atau 60 second, running text
dan liputat berita saja.
Contoh Penghitungan Barter Promosi
- Kerjasama dengan surat kabar
- Tarif iklan display BW (Black & White) Rp. 10.000/mmk
- Tarif iklan display FC (Full Colour) Rp. 15.000/mmk
- Barter yang kita ajukan
•
Pemasangan iklan display BW ukuran 2 kolom x 200mm
•
Diskon 80 % sebanyak 2 kali muat, artinya kita untuk membayar sebesar 20 % plus PPN 10 %
•
perhitungannya : 2 kolom x 200 mm = 400 mmk, tarif umum : 400 mmk x Rp.
10.000 = Rp. 4.000.000 + PPN 10 % (Rp. 400.000)= Rp. 4.400.000/muat x 2 kali
muat = Rp. 8.800.000,-
•
Diskon 80 % (Rp. 3.200.000) dari Rp. 4.000.000/muat = Rp.
800.000 + PPN 10 % (Rp. 80.000) = Rp. 880.000/muat x2 = Rp. 1.760.000 (harga inilah
yang harus kita bayar bila pihak pengelola surat kabar
setuju)
2. Kerjasama dengan Radio
•
Tarif spot iklan Rp.
10.000/60 detik
•
Tarif Ad-lips Rp. 15.000/ tayang
- Barter yang kita ajukan
•
pemutaran spot iklan 60 detik, 10 kali perhari, selama 12
hari, barter full promosi artinya kita mengajukan untuk dapat full barter
•
Perhitungannya : Rp. 10.000 x 10 kali perhari = Rp.
100.000 x 12 hari = Rp. 1.200.000
b. Kontraprestasi untuk surat
kabar
ü
Logo tercantum pada Backdrop acara
ü
Logo tercantum pada leaflet 2000 eksemplar
ü
Logo tercantum pada poster 1000 eksemplar
ü
Logo tercantum pada iklan promosi media cetak
ü
Logo tercantum pada Baliho 2 unit
ü
Logo tercantum pada booklet acara 2000 eksemplar, ¼ halaman
FC
ü
Hak pemasangan Banner Promosi 3 buah di dalam gedung acara.
ü
Hak memasang umbul-umbul di luar gedung acara sebanyak 10
buah
ü
Penyebutan oleh pembawa acara
ü
Logo pada program Multimedia
Etika Sponsorship
Pada saat melakukan kerjasama dengan sponsor ada beberapa hal
yang harus diperhatikan :
1. Sesuaikan sponsor
yang dituju dengan
event yang akan
dilaksanakan.
2. Buat perjanjian
untuk bertemu.
3. Patuhi
kesepakatan-kesepakatan yang
telah dibuat
oleh sponsor.
PUBLIKASI DAN PROMOSI EVENT
Publikasi dan Promosi
• Publikasi dan promosi dalam
penyelenggaraan event adalah kegiatan yang paling penting.
•
Dengan adanya promosi yang
direncanakan dengan baik, tujuan untuk menarik minat calon peserta dan
mendatangkan pengunjung/pembeli yang sesuai dapat dipenuhi
Langkah-langkah dalam perencanaan promosi
1. Mengidentifikasikan
pendengar sasaran
2. Menentukan tujuan komunikasi / promosi
3. Merancang pesan
4. Memilih saluran komunikasi
5. Menentukan anggaran promosi total
6. Memutuskan bauran promosi (iklan, promosi
penjualan, PR dan organisasi penjualan).
7. Pengukuran hasil-hasil promosi
8. Mengelola dan mengkoordinasi proses komunikasi
pemasaran
Metode
Promosi
1. Iklan
2. Promosi Penjualan
3. Penjualan pribadi / Kewiraniagaan
4. Hubungan Masyarakat / Publisitas
Iklan
•
Untuk melakukan kegiatan ini
dapat dilakukan melalui below the line atau above the line.
•
Above the line : Media cetak,
Media elektronik (Radio dan TV).
•
Below The Line : Billboard,
Spanduk, Giant Banner, Katalog, Brosur/ selebaran
Sales
Promotion
•
Untuk menunjang sebuah event,
pengunjung dapat diberikan hal-hal sbb :
1.
Diskon khusus
2.
Entertaiment/Hiburan
3.
Pameran, dengan membuka stand
Public
Relations
•
Kegiatan Public Relations
(PR) biasanya digunakan oleh Event Organizer yang ingin menyelenggarakan event
berskala besar. Bentuk-bentuk
kegiatannya adalah sbb :
Kegiatan
Public Relations dalam Event
1.
Press Release & Konferensi Pers
Mengundang Wartawan untuk menghadiri acara yang
diselenggarakan, fungsinya adalah untuk memberikan informasi kepada para
wartawan yang diharapkan dapat disebarluaskan kepada masyarakat.
2. Donasi
Mengadakan event yang sebagian hasilnya akan
disumbangkan atau sebagai dana sosial.
Bentuk
Promosi Efektif
- Membuat
brosur untuk mencari peserta yang berisikan tema, waktu, tempat, denah stand,
keuntungan-keuntungan (point
selling) yang akan diperoleh jika calon pengunjung hadir dalam event
- Membuat
iklan di media cetak & elektronik
- Untuk
event skala besar biasanya diadakan konferensi pers.
- Membuat
undangan khusus kepada target pengunjung potensial
- Membuat
direct mail
- Iklan
melalui internet/ website
- Poster
- Spanduk-spandk promosi
- Stiker
Promosi
- Souvenir
Promosi
- Balon
udara
- Billbard
- Baliho
- Umbul-umbul
Promosi / Hanging Banner
- Katalog
Pameran
- Promosi
Media Lokal.
Strategi
Media Promosi
•
Media promosi di atas dapat
dibuat sebelum atau bersamaan kita membuat proposal untuk ditunjukkan kepada
orang-orang yang berkompeten.
•
Hal-hal penting dalam
merencanakan desain grafis antara lain :
1.
Memuat gambar ilustrasi yang sesuai
dengan tema event.
2. Menampilkan
wajah artis atau nama-nama penampil secara mencolok dan kontras dengan warna
dasar
3. Menampilkan
informasi tempat, waktu pelaksanaan dan harga tiket tanda masuk
4. Menampilkan
logo-logo calon sponsor
Dalam membuat desain, kita perlu mendalami segmen
pasar event. Misal, jika event yang diadakan adalah untuk golongan usia 30
tahun maka, komposisi warna-warna yang digunakan dalam desain berupa
warna-warna soft, pastel
Dari beberapa bentuk publikasi untuk
memasarkan sebuah event, berikut adalah contoh bentuk publikasi event yang
dapat ditawarkan kepada pihak sponsor:
Bidding, Negosiasi & Lobby Sponsor
Bidding
•
Bidding (tender) merupakan
kegiatan mengikuti undangan untuk memenangkan sebuah konferensi dan event ke
suatu negara. Contoh : olimpiade, sea games
•
Bidding dapat dibagi menjadi 2 yaitu :
1. Bidding international
2. Bidding nasional.
NEGOSIASI
Ø Penetapan
keputusan secara bersama dimana pihak-pihak yang terlibat memiliki preferensi
yang berbeda.
Ø Suatu
cara untuk menetapkan keputusan yang dapat disepakati dan diterima oleh dua
pihak dan menyetujui apa dan bagaimana tindakan yang akan dilakukan di masa
mendatang.
Karakteristik utama negosiasi:
- Senantiasa
melibatkan orang. Baik sebagai individual, perwakilan organisasi atau
perusahaan, sendiri atau dalam kelompok;
- Memiliki
ancaman terjadinya atau di dalamnya mengandung konflik yang terjadi mulai
dari awal sampai terjadi kesepakatan dalam akhir negosiasi;
- Menggunakan
cara-cara pertukaran sesuatu. Baik berupa tawar menawar (bargain)
maupun tukar menukar (barter);
- hampir
selalu berbentuk tatap-muka –yang menggunakan bahasa lisan, gerak tubuh
maupun ekspresi wajah;
- negosiasi
biasanya menyangkut hal-hal di masa depan atau sesuatu yang belum terjadi
dan kita inginkan terjadi;
- dari
negosiasi adalah adanya kesepakatan yang diambil oleh kedua belah pihak,
meskipun kesepakatan itu misalnya kedua belah pihak sepakat untuk tidak
sepakat.
NEGOSIASI SPONSOR
Sasaran dari proses negosiasi adalah mencapai
kesepakatan saling menguntungkan bagi semua pihak yang terlibat.
Ada sejumlah aturan yang membuat negosiasi
sponsorship jauh lebih mudah :
- Negosiasi antarkawan
- Tentukan batas minimal keuntungan Anda
- Merahasiakan sesuatu
- Jangan ‘lapar ‘order
- Tetaplah bersabar, apa pun kendalanya
- Bersiaplah untuk menjauh
STRATEGI MENGGAET SPONSOR
Ada beberapa hal penting yang harus
dipersiapkan untuk dapat menggaet sponsor, antara lain :
- Berkas
surat permohonan kerja sama dan proposal yang baik. Alamat tujuan lengkap
dan tidak boleh salah.
- Penampilan yang rapi, bersih dan segar
setiap kali menemui calon sponsor.
- Pengetahuan dan wawasan yang luas,
khususnya mengenai event yang akan digelar.
- Serahkan
langsung kepada Pejabat Pemegang Keputusan dari perusahaan sponsor tujuan.
Hal ini memang tidak mudah, temui sekretaris, ajak dialog, buat dia
terkesan dan serahkan berkas, kartu nama, catat nama dan nomor telp. Serta
tanyakan kapan anda dapat menemui pejabat itu.
- Tekun.
Lakukan upaya memasukkan berkas dan permohonan kerja sama itu tanpa lelah.
- Siapkan
draft berkas kontrak atau naskah kerja sama atau naskah kesepakatan yang
memuat antara lain bentuk kontraprestasi yang diberikan, tahap-tahap
pembayaran dana sponsor dan lainnya
Yang perlu diperhatikan EO
Selain itu, EO harus mengetahui hal-hal apa saja yang
pemberi Sponsor, diantaranya adalah :
- Tujuan penyelenggaraan
event untuk mendapatkan sponsor
- Peraturan tentang
sponsor yang perlu diikuti oleh EO, karena setiap peraturan yang berbeda
tentang sponsor
- Penetapan tingkatan
sponsor, misalnya sponsor tunggal, utama dan pendukung.
- Tipe sponsor yang cocok
untuk event yang diselenggarakan dan biasanya dibuat sesuai tema event.
- Bagaimana rencana
sponsor ditetapkan. Hal ini akan berhubungan dengan penetapan sponsor yang
terlibat.
- Nilai yang ditetapkan
untuk jenis barang atau jasa yang akan diberikan.
- Apa keuntungan pemberi
sponsor apabila mengikuti event tersebut.
- Siapa yang akan
menyetujui pemberian sponsor dari pihak perusahaan pemberi sponsor.
DAFTAR PUSTAKA
1.
Any Noor. 2009. “Manajement Event”. Penerbit Alfabeta,
Bandung.
2.
Iqbal Alan Abdullah. 2009. ”Manajemen Konferensi dan Event”.
PT Gadjah Mada University Press, Jakarta
3.
John E. Kennedy.2009. “Manajemen Event”. PT
Bhuana Ilmu Populer Kelompok Gramedia, Jakarta
4.
KRMT. Indro ‘Kimpling’ Suseno. 2006. “Cara Pinter Jadi Event
Organizer”. Galangpress (Anggota IKAPI), Yogyakarta.
5.
KRMT. Indro ‘Kimpling’ Suseno. 2006. “Cara Pinter Mengelola
Keuangan Event Organizer”. Galangpress (Anggota IKAPI), Yogyakarta.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNice Blog, Numpang Promo ya Gan
BalasHapusSewa TV Plasma Bandung
Sewa LED Screen Bandung
Sewa Videotron Bandung
Sewa TV LED Bandung